Berisi tentang manual penggunaan sistem suatu project

gambaran sekilas tentang Hukum NEWTON

Sir Isaac Newton adalah orang yang pertama kali menyatakan dengan benar hukum-hukurn dasar yang mengatur gerakan suatu partikel dan mcmperlihatkan keberlakuan hukum-hukum tersebut. Dalam ungkapan yang sedikit berbeda, dengan menggunakan istilah modern, hukum-hukum tersebut adalah:
Hukum I Sebuah partikel akan tetap diam atau terus bergerak dalam sebuah garis lurus dengan kecepamn tetap jika tidak ada gaya tak-seimbang yang bekerja padanya.
Hukum II. Percepatan sebuah partikel adalah sebanding dengan gaya resultan yang bekerja padanya dan searah dengan gaya tersebut.
Hukum III . Gaya-gaya aksi dan reaksi antara benda-benda yang berinteraksi memiliki besar yang sama, berlawanan arah, dan segaris.

Kebenaran hukum-hukum ini telah diperiksa melalui banyak pengukuran fisis yang akurat. Hu-kum Newton kedua merupakan dasar bagi sebagian besar analisis dalam dinamika. Bila diterap-kan terhadap partikel bermassa m, hukum tersebut dapat dinyatakan sebagai

F=ma

di mana F adalah gaya resultan yang bekerja pada partikel dan a adalah percepatan resultan tersebut. Persamaan ini merupakan persamaan vektor karena arah F harus sama dengan arah a di samping besar F dan wra sama. Hukum Newton pertama berisi prinsip keseimbangan gaya, yang merupakan topik utama dalam pembahasan statika. Sebenarnya hukum ini adalah akibat dari hukum kedua, karena tidak akan ada percepatan jika gaya sama dengan nol, dan partikel tetap dalam keadaan diam atau bergerak dengan kecepatan tetap. Hukum pertama tidak menambah sesuatu yang baru mengenai penggambaran gerak tetapi dicantumkan di sini karena merupakan bagian dari pernyataan-pernyataan klasik Newton.

Hukum ketiga merupakan dasar pengertian kita mengenai gaya. Hukum ini menyatakan bah-wa gaya selalu terjadi dalam pasangan gaya yang sama dan berlawanan. Jadi gaya ke bawah yang dikenakan pada meja oleh pinsil selalu disertai oleh gaya ke atas yang sama besar yang dikenakan pada pinsil oleh meja. Prinsip ini berlaku untuk semua gaya, baik yang berubah-ubah maupun yang tetap, tanpa memperhatikan dari mana asalnya dan berlaku pada setiap saat selama gaya dikenakan. Pengabaian hukum dasar ini merupakan penyebab kesalahan yang amat sering dari para pemula. Dalam menganalisis benda-benda yang mengalami aksi gaya, kita harus benar-benar mengetahui dengan jelas mengenai pasangan-pasangan gaya yang akan ditinjau. Pertama-tama kita perlu memisahkan benda yang akan ditinjau dan kemudian meninjau hanya satu gaya dari pasangan gaya tersebut yang bekerja pada benda yang ditinjau tadi.

2 Responses to “gambaran sekilas tentang Hukum NEWTON”

  1. 12bet casino Reply

    Hi there! This blog post couldn’t be written much
    better! Looking through this article reminds me of my previous roommate!

    He constantly kept preaching about this. I’ll send this article
    to him. Pretty sure he’ll have a great read.
    Thank you for sharing!

Leave a Reply